Tidak Mau Berjerawat ? Kenali Penyebabnya !

Rabu, 30 Mei 2012

Tidak Mau Berjerawat ? Kenali Penyebabnya !


Terjadinya jerawat pada umumnya disebabkan oleh sejumlah faktor seperti penyumbatan pori-pori kulit, genetis, kosmetik, hormonal, dan infeksi bakteri.

Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

Gangguan kulit ini juga dapat diturunkan melalui sifat-sifat gen yang mempengaruhi karakteristik kulit. Misalnya, kelenjar minyak yang overaktif dan perbedaan kemampuan regenerasi kulit yang tidak normal.

Aktivitas hormonal yang meningkat seperti menjelang menstruasi dan pubertas, membuat kelenjar minyak kulit menjadi overaktif sehingga memicu munculnya jerawat. Namun demikian, hal ini hanya terjadi pada jenis kulit yang sangat berminyak.

Di samping itu, konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.

Sumber: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/2108011-tidak-mau-berjerawat-kenali-penyebabnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar